Rabu, 20 November 2013

Resensi buku "MOHAMMAD HATTA PEJUANG , PROKLAMATOR , PEMIMPIN , MANUSIA BIASA"


Judul buku                  : Mohammad Hatta Pejuang Proklamator Pemimpin Manusia Biasa
Edisi                            : Cetakan ke-2
Pengarang                   : Amrin Imran
Klasifikasi                   : Sejarah dan Geografi
Judul Seri                    : Sejarah dan Geografi
Bahasa                         : Indonesia
Penerbit                       : Yayasan Obor
Tahun Terbit                : 1984
Tempat Terbit              : Yogyakarta
Jumlah halaman           : 156
Panjang buku              : 21 cm


Kota bukit tinggi terletak di dataran tinggi Agam , Provinsi Sumatra Barat . Di kota itulah tempat Mohammad Hatta dilahirkan pada tanggal 12 Agustus 1902 . Ayahnya bernama Haji Mohammad Jamil dari Batuhampar dan Ibunya bernama Siti Saleha . Hatta anak kedua dari keluarga itu anak pertamanya bernama Rafiah.
Nama Hatta sebenarnya ialah Mohammad Athar . Athar dalam bahasa Arab artinya harum . Sehari hari kata tersebut berubah menjadi atta / hatta . Pada usia lima tahun Hatta masuk sekolah swasta . Kurang lebih 6 tahun dia bersekolah di sekolah swasta . Lalu Hatta belajar di sekolah rakyat tapi itu hanya 3 tahun saja .
Hatta melanjutkan sekolah di sekolah Belanda ,  yakni Europese Lagere School atau ELS . Hatta melanjutkan sekolah SMP di Meer Uitgebreid Lagere Ondewijs atau MULO . Hatta melanjutkan sekolah SMA di Jakarta yaitu di sekolah Prins Hendrik School atau PHS . Lalu Hatta pergi ke Belanda untuk kuliah . Hatta mengambil jurusan ekonomi di Handels Hoogere School di Roterdam.
Hatta tiba di negeri Belanda Ia bertemu dengan Nazir Datuk Pamuncak . Ia menganjurkan agar Hatta menjadi anggota Indische Verenigin . Hatta pun menerima ajakan tersebut . Indische Verenigin didirikan pada tahun 1908 dan anggotanya para mahasiswi indonesia yang bersekolah di Belanda . Dan para  pemimpinya ialah Suwardi Suryaningrat yang kemudian bernama Ki Hajar Dewantara , Dr Cipto mangunkusuno, dan Douwes Dekker yang kemudian bernama Danudirja Setiabudi . Partai ini bertujuan untuk memerdekakan Indonesia . Hatta pun menjadi pemimpin PI 3 tahun berturut turut .
Hatta di tangkap tanggal 25 September 1927 . Tiga orang pengurus PI lainnya pun di tangkap . Hatta dituduh telah menjadi seorang komunis . Ia juga dituduh telah menghasut masyarakat . Lima setengah tahun ia di penjara . Dan dibebaskan pada tanggal 22 Maret 1928 . Hatta di bebaskan karena ia tidak terbukti bersalah dan hakim terharu atas pembelaan hatta yang berjudul  Indonesia Vrij atau indonesia merdeka .
Perang pasifik meletus tanggal 8 desember 1941 .  Angkatan perang Jepang menyerang harbour , Hawai . Jepang juga menyerang daerah daerah Asia , Indonesia pun tak luput dijajah oleh Jepang . Tanggal 9 Maret 1942 Indonesia jatuh ke tangan jepang . Hatta pun diangkat sebagai penasehat . Tapi tujuan utamanya adalah memerdekakan Indonesia .
Dan tiga orang melakukan perundingan yaitu Hatta , Sukarno dan Syahrir yang menghasilkan kerjasama antar 3 orang tersebut . Dan juga menghasilkan perencanaan penyerangan terhadap Jepang . Karena Sukarno dan Hatta telah di ketahui jepang Syahrir lah yang memimpin penyerangan tersebut . Tanggal 7 September 1944 Jepang menjanjikan kemerdekaan kepada Indonesia . Janji tersebut bertujuan agar indonesia membantu Jepang melawan Amerika . Jepang pun mendirikan BPUPKI tapi pada tanggal 7 agustus BPUPKI bubar dan di ganti oleh PPKI .
PPKI pun menyelenggarakan sidang di rumah Maeda . Sidang yang berakhir pada pukul 03.00 pagi tanggal 17 agustus1945 . Sidang tersebut menghasilkan teks proklamasi yang disetujui oleh anggota PPKI . Pagi hari anggota PPKI berkumpul di rumah Sukarno yakni di Jalan Pegangsaan timur No.56 . Tepat pukul 10.00 WIB naskah proklamasi dibacakan oleh Sukarno . Dan diikuti dengan pengibaran bendera Sang Saka Merah Putih .
Tanggal 18 agustus 1945 PPKI mengadakan sidang . Dalam sidang ini disahkan Undang - Undang 1945 . Sukarno dan Hatta diangkat menjadi Presiden dan Wakil Presiden . Tak lama kemudian Inggris datang ke Indonesia . Dan dalam waktu sekejap Inggris menduduki kota kota penting di indonesia . Para pemuda surabaya melakukan pertempuran yang dipimpin oleh Bung Tomo . Pertempuran tersebut meletus pada tanggal 10 november 1945 . Dan yang kini diperingati sebagai Hari Pahlawan . Panglima besar Jendral Sudirman memimpin pasukan gerilya .
Pada tanggal 23 agustus 1949 sampai tanggal 2 november 1949  paling lama di perdebatkan ialah tentang Irian Barat . Belanda tidak mau menyerahkannya kepada Indonesia . Sidang itu menghasilkan Indonesia akan menjadi Republik Indonesia Serikat atau RIS .
Tanggal 16 desember 1949 Sukarno diangkat menjadi Presiden dan Hatta menjadi Wakil Presidennya . Dengan demikian berakhirlah perang kemerdekaan Indonesia.
Hatta menikah dengan seorang gadis asal Bandung yang bernama Rahmi Rahim . Mereka menikah di Mega Mendung pada tanggal 18 november 1945 . Dari perkawinan itu Hatta di karuniai 3 orang anak . Hatta pun memberikan suatu nasehat kepada anaknya yakni ”Jangan sombong karena kedudukan Ayahmu. Tetapi berusahalah sendiri. Berdirilah dengan kekuatan hati mu.’’ Hatta wafat pada pukul 18.45 tanggal 14 maret 1980 di Rumah Sakit Dr Tjipto Mangunkusumo , Jakarta dan dikebumikan di TPU Tanah Kusir , Jakarta  . Ia meninggal pada usia 78 tahun .
Kelebihan buku ini yaitu memberikan informasi sejarah kepada para pembaca bagaimana perjuangan para pahlawan kemerdekaan sekaligus dapat memberikan nilai – nilai keteladanan yang patut dicontoh .
Kekurangan buku ini yaitu kertasnya yang mulai menguning sehingga membuat pembaca menjadi malas untuk membaca .
NILAI – NILAI KETELADANAN             :
v  Mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi
v  Gigih
v  Pantang menyerah
v  Cerdas
v  Rajin
v  Tekun
v  Mudah beradaptasi
v  Hemat
v  Jujur
v  Pandai berorganisasi
v  Gemar membaca
v  Aktif berpolitik
v  Pemberani
v  Mempunyai pendirian yang kuat
v  Tegas
v  Bijaksana
v  Suka menolong
v  Ramah






1 komentar: